Roda 2, Roda 4, Roda, Elektronik, Gadget, Kuliner, Hayuk lah...

Doyan Ngetik, Seneng Ngulik, dan Selalu Asik

Ads

Powered by Blogger.

Dont Understand? - Press Here To Translate

Thursday, December 7, 2017

Motuba - Mazda Cronos, Pilihan Adrenalin Jungkie Budget Miring

Ada yang tau Mazda Cronos?

Mobil yang standarnya kuenceng abis ini emang masuk ke pasaran Indonesia sangat sangat terbatas. Beruntung waktu itu sempat mencicipi kebadakan dan ledakan tenaganya yang ngga abis abis di jalan tol seputaran Jakarta 10 tahun yang lalu.
Mobil langka dan lungsuran salah satu petinggi pada waktu lampau itu emang emejing banget tenaganya. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam sangatlah mudah(soal dicapai pada berapa detik udah lupa), dan kecepatan maksimum yang bisa ditorehkan pada tol Jagorawi kala itu adalah 180 km/jam. 

Yang menghentikannya untuk melaju lebih cepat lagi adalah jeweran empunya mobil yang sudah ngeri bin was was. Hebatnya lagi untuk motuba ini, pada kecepatan segitu sama sekali tidak terasa limbung serta tenaga tersalurkan sangat lancar dan membahagiakan.

Menurut riwayat, Mazda Cronos di Indonesia dijual dalam 2 pilihan mesin, 2000cc 4 silinder dan 2500cc konfigurasi V6. Versi paling populer adalah Cronos bermesin Mazda FS-DE dengan konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve injeksi berkubikasi 2000cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 130Hp dan torsi 183Nm. 

Varian termahal dari Mazda Cronos memakai mesin Mazda KZ-DE dengan konfigurasi 6 silinder V6 DOHC 24 valve dengan kubikasi mesin 2500cc dengan tenaga sebesar 165Hp. 

Mesin V6 ini bisa dibilang V6 terkencang di Indonesia pada era 90an karena satu-satunya yang memiliki konfigurasi DOHC 24 valve dengan kapasitas 2500cc. Mazda Cronos menggunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan, dan menggunakan penggerak roda depan. Mobil ini pertama terbit di tahun 1992, dan terbenam pada kancah otomotif Indonesia pada medio 1998. Jadi sudah sah disebut MOTUBA.

Spesifikasi Mazda 626 Cronos (Capella) GE ini adalah sebagai berikut:

Jenis                         Sedan
Tipe                           626 GE
Mesin                        FS-DE DOHC 2000cc
                                  KL-DE DOHC V6 2500cc

Bore X Stroke            83.0 X 92.0 mm (FS-DE)
                                  84.5 X 72.4 mm (KL-DE)
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi                   Manual 5 Speed
                                  Otomatis 4 Speed

Wheelbase               2.610 mm
Panjang                    4.670 mm
Lebar                        1.750 mm
Tinggi                        1.400 mm

Sayangnya harga pasaran unitnya sangat gelap dan tidak ada patokan yang pasti. Kalau coba dilihat di olx.co.id, mobil123.com, dan fjb kaskus, harganya berada di 27 juta sampai 40 juta rupiah. Harga final tergantung negosiasi dan kondisi pastinya.

Selain harga yang gelap, menurut beberapa sumber harga sparepart juga lumayan mahal. Mungkin saja harga sparepartnya mahal, tapi kalo mahal tapi awet dan bertahan lama, lebih baik kan dibandingkan murah tapi sering jajan.

sumber:
- wikipedia.org
- mobilmotorlama.com
- olx.co.id
- mobil123.com

No comments:

Post a Comment