Roda 2, Roda 4, Roda, Elektronik, Gadget, Kuliner, Hayuk lah...

Doyan Ngetik, Seneng Ngulik, dan Selalu Asik

Ads

Powered by Blogger.

Dont Understand? - Press Here To Translate

Thursday, January 26, 2017

Lomba Megapixel - Jurus Jitu Produsen Hape Raih Konsumen

Halo mbak bro mas bro,...

Bentaran lagi weekend kok, semangat jangan kendor ya.

Belakangan ini para produsen handphone saling berlomba untuk mengukuhkan dirinya sebagai yang paling terbaik dalam mengeluarkan produknya. Setelah Oppo dengan F1 Selfie Expert dengan kamera depan berkekuatan 16 MP, Vivo yang dibintangi oleh Agnes Monica juga mengeluarkan produk bagi yang suka narsis dengan Vivo V5 dengan kamera depan 20 MP.


Sebenarnya MP atau Megapixel itu apa sih? Pixel adalah elemen program terkecil dari sebuah gambar yang terlihat pada layar. Sedangkan Megapixel adalah ukuran yang menyatakan berapa banyak pixel yang terkandung di dalam sebuah foto. Jadi foto dengan ukuran 16 MP berisi 4.000 kolom pixel, dan 4.000 baris pixel.

Dan para produsen handphone pun menjadikan istilah Megapixel sebagai bahan utama dalam menjual handphone produksi mereka, dengan mencuci pemikiran konsumen bahwa semakin besar MP yang tercantum, semakin bagus dan baik pula foto yang dihasilkan.

Ini ngga salah juga, karena dengan semakin besar MP maka akan semakin besar pula foto yang dihasilkan. Tetapi besaran MP tidak selalu seiring dengan kualitas foto yang dihasilkan. 

Untuk hasil foto yang baik dan berkualitas, ada beberapa hal sebagai kunci, antara lain:
1. Sensor Kamera
Tanpa sensor kamera yang baik dan berkualitas, Megapixel yang semakin membesar hanya akan membuat kualitas foto menjadi lebih rendah dan penuh dengan noise. 
Jadi lebih baik mencari handphone dengan sensor kamera berkualitas walaupun tidak menggunakan Megapixel yang besar.

2. Prosesor Gambar
Dengan prosesor gambar yang berkualitas, maka foto akan dapat diperoleh dengan lancar tanpa ada lag saat mengambil gambar. Selain itu dengan prosesor gambar yang baik, foto dengan burst mode layaknya SLR, foto HDR, dan bisa menangkap foto malam hari dengan kualitas foto layak saji tanpa noise yang berlebih. 

Jadi kita perlu berapa Megapixel si untuk keperluan harian kita di sosmed, selfie, wefie, dan foto objek menarik dijalan? Untuk kamera depan 5 - 8 MP sudah memenuhi keperluan kita, sedangkan untuk foto objek menarik dijalan 8 -16 MP akan memberikan hasil yang lebih baik.

Jangan lupa cek kondisi kantong biar ngga bolong. 

sumber:
- wikipedia.org
- dpreview.com
- cnet.com

Sebagai catatan: 
Saat ini Andig.com sedang pakai pake Oppo F1 Selfie Expert buat foto foto, dan hasilnya ciamik punya, untuk Vivo V5 belum pernah pakai. 
Artikel ini hanya untuk menambah wawasan saja, tidak untuk menghakimi atau merendahkan produk dipasaran. Karena semua produk yang beredar memiliki basis konsumennya masing masing.

Cek artikel yang relevan dengan post ini:

No comments:

Post a Comment