Roda 2, Roda 4, Roda, Elektronik, Gadget, Kuliner, Hayuk lah...

Doyan Ngetik, Seneng Ngulik, dan Selalu Asik

Ads

Powered by Blogger.

Dont Understand? - Press Here To Translate

Sunday, January 15, 2017

7 Tips Memilih Mobil Second Untuk Pemula

Kendaraan roda 4, saat ini mulai dijadikan bahan pokok lainnya selain sembako. Gunanya agar memperlancar mobilitas dan bisa mengangkut kerabat,teman, ataupun anggota keluarga lainnya. Terlebih lagi buat keluarga muda, mahasiswa berkantong tebal, dan pelaku usaha yang membutuhkan mobilitas dan daya angkut besar.

Tapi memilih kendaraan roda 4 perlu memperhatikan 7 Poin yang sudah AndiG.com rangkum dari berbagai sumber, demi keyakinan dan kenyamanan dalam memiliki kendaraan tersebut. 7 Poin tersebut adalah:

1. Hitung berapa besar biaya yang harus kita keluarkan untuk menebus kendaraan idaman kita. Jika membeli secara tunai, pastikan bahwa harga yang kita dapat sesuai atau dibawah harga pasar. Jika melakukan pembelian secara kredit, sesuaikan DP dan besaran cicilan dengan kondisi keuangan kita. Idealnya tidak boleh lebih dari 30 % total penerimaan kita setiap bulannya. Untuk mengatasi keadaan gagal bayar dikemudian hari. 


2. Mesin dan kelistrikan. Yang harus dilakukan:

- Cek fisik mesin dengan buka kap, periksa apakah ada rembesan oli di sekitar mesin bagian atas, dan bagian bawah(biasanya untuk komponen kopling)
- Periksa timing belt, alur selang rem, selang kopling, AC, tutup radiator, tutup oli mesin
- Periksa kondisi kabel kabel, terutama kendaraan lawas, kondisi baterai/accu, dan test untuk start dan stop kendaraan
- Cek semua indikator di dashboard, lampu depan dan belakang, lampu kabin, lampu bagasi jika tipe sedan.
- Cek odometer, dan bila perlu bawa orang yang paham mesin. Untuk mencegah dinakali oleh penjual yang tidak jujur

3. Shockbreaker.
Cek kondisi shockbreaker, dengarkan dengan seksama bunyi bunyi aneh seperti berdecit(berdecit menunjukan kondisi komponen telah haus), per, dan seal karet diseputar area shockbreaker.

4. Fisik kendaraan baik luar maupun dalam.
- Fisik luar haruslah minim noda/mulus, cat dalam kondisi terawat atau tidak terlalu kusam, dan bila perlu ukur jarak body bawah dengan aspal(mencegah kendaraan bekas tabrakan).
- Kondisi interior setidaknya original sesuai dari pabrik, bersih dan tidak rusak, kisi-kisi AC kondisinya baik, karpet dasar dan tambahan kondisi baik, dan jika ada perangkat audio, silakan dicoba agar tambah yakin.



5. Nomor rangka dan mesin.
Pastikan nomor rangka dan mesin sesuai dengan STNK dan BPKB. Agar tidak dianggap kendaraan bodong/curian.

6. Surat dan legalitas kendaraan.
Periksa BPKB, STNK,Faktur kendaraan dari pabriknya,plat kondisi prima, dan paling penting sudah bayar pajak.

7. Test drive.
Jika semua syarat sudah dilewati, maka sesi test ride wajib dilakukan, sebagai pertimbangan final apakah kendaraan tersebut layak dipinang atau tidak. Coba geber di jalan tol, jika aman dari getaran dan vibrasi, maka langsung siiikkkaaaaat....

Pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan

Selamat weekend semua


No comments:

Post a Comment