Roda 2, Roda 4, Roda, Elektronik, Gadget, Kuliner, Hayuk lah...

Doyan Ngetik, Seneng Ngulik, dan Selalu Asik

Ads

Powered by Blogger.

Dont Understand? - Press Here To Translate

Thursday, August 10, 2017

Pilih Mana Yamaha Vixion R 155 Atau Suzuki GSX 150-S

Harga Yamaha Vixion R 155 sudah final. Dibandrol sebesar Rp. 28,8 juta saja untuk pasar DKI Jakarta. Untuk daerah lain menyesuaikan sesuai dengan jarak dari Jakarta ke daerah tujuan berikut biaya angkutnya.
Dengan uang sebesar Rp. 28,8 juta rupiah, dapet apa saja sih? Dapet Yamaha R15 v3 minus fairing dan lampunya. Kalau secara kasar ya seperti itu. Nah kalo secara halus gimana pak? Nih...

 All New Yamaha Vixion R 2017

Tipe Mesin                       Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA
Susunan Silinder             Single Cylinder
Diameter x Langkah        58 x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 11.6±0.4 : 1
Volume Silinder               155.1 cc
Daya Maksimum             14.2 kW / 10000 rpm
Torsi Maksimum              14.7 Nm / 8500 rpm
Sistem Starter                  Electric Starter
Sistem Pelumasan           Wet Sump
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling                     Wet Type Multi-Plate Clutch ; Assist & Slipper Clutch
Tipe Transmisi                  Manual

Tipe Rangka                    Deltabox
Suspensi Depan              Teleskopic
Suspensi Belakang          Swing Arm
Tipe Ban                          Tubeless
Ban Depan                       90/80-17M/C 46P
Ban Belakang                  130/70-17M/C 62P
Rem Depan                     Disc Brake
Rem, Belakang                Disc Brake

Sementara itu di sisi yang berhadapan, ada Suzuki yang telah reborn dalam kancah bisnis roda dua tanah air. Produk naked bike dari Suzuki yaitu Suzuki GSX-S 150 datang ke tanah air dengan harga yang fantastis dan sedikit membanting lawannya karena datang dengan harga hanya Rp. 23,9 juta saja.
Suzuki GSX-S 150 2017

Tipe Mesin                       Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve
Susunan Silinder             Single Cylinder
Diameter x Langkah        62.0×48.8 mm
Volume Silinder               147.3 cm3
Daya Maksimum             14.1 kw/10,500 rpm
Torsi Maksimum              14.0 Nm/9,000 rpm
Sistem Starter                 Electric Starter
Sistem Pelumasan          Wet Sump
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling                    Wet Type Multi-Plate Clutch
Tipe Transmisi                6-speed, return
Kapasitas Tangki            11 Liter

Suspensi Depan             Teleskopic
Suspensi Belakang        Swing Arm
Tipe Ban                        Tubeless
Ban Depan                      90/80-17
Ban Belakang                 130/70-17
Rem Depan                     Disc Brake
Rem, Belakang                Disc Brake

Dari dua spesifikasi detail diatas ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil, yaitu:
- Pertarungan Near Square Engine VS Overbore Engine masih berlangsung.

- Untuk mencapai muntahan tenaga yang dikeluarkan oleh Suzuki GSX-S150, Yamaha perlu menaikan kubikasi mesinnya ke 155 cc. Selain itu kenaikan kubikasi mesin ke 155 cc oleh Yamaha Vixion R 155 juga bisa digunakan sebagai pembeda. Pembeda untuk menaikan gensi, dan mengkatrol nilai jual produk Yamaha Vixion R dibandingkan dengan kompetitornya - Suzuki GSX-S150 dan Honda CB150R. Karena mindset semakin besar kubikasi semakin kencang mesinnya masih tertanam kuat di mindset konsumen roda dua.

- Dari segi harga, Suzuki GSX-S150 terlihat sangat sangat menggiurkan. Dengan bandrol harga di Rp. 23,9 juta, sangatlah worth it untuk dimiliki. Dan sekaligus sebagai peringatan untuk kompetitornya, bahwa ngga perlu rogoh kocek dalam dalam untuk miliki produk dengan teknologi tinggi. Dan untuk Yamaha Vixion R 155, dengan harga di Rp. 28,8 juta, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan seperti banyaknya bengkel yang mampu melayani produknya, barang aftermarket yang sangat banyak pilihannya, sampai nilai jual yang cenderung stabil jika berniat melepas kembali kuda besinya.

Ada plus dan minus yang saling menutupi satu sama lain. Dan sebelum menjatuhkan pilihan ada beberapa pertimbangan dasar yang perlu diambil seperti:
- Mau dipakai untuk sekedar gaya atau daily riding
- Kenyamanan kala harus bawa boncengers
- Konsumsi BBM
- Layanan bengkel dan after sales
- Dukungan komunitas produk tersebut.

Happy hunting, dan apapun pilihannya, haruslah sesuai kantong dan keadaan.

sumber:
- suzuki.co.id
- yamaha-motor.co.id
- semisena.com

No comments:

Post a Comment