Roda 2, Roda 4, Roda, Elektronik, Gadget, Kuliner, Hayuk lah...

Doyan Ngetik, Seneng Ngulik, dan Selalu Asik

Blog Archive

Ads

Powered by Blogger.

Dont Understand? - Press Here To Translate

Tuesday, November 14, 2017

Mau Foto Pake Smartphone Ciamik? Cekidot Lensa, Sensor, Prosessornya...

Didunia semua itu ada rumus dan aturannya, begitu juga kalau mau ambil gambar yang ciamik pakai smartphone. Ada 3 aturan yang harus dilihat jika ingin hasil fotonya menjadi ciamik dan layak pajang di dunia maya. Let's cek ki dot...

Cek Lensa Yang Dipakai
Jumlah komponen lensa mempengaruhi sebaik apa gambar bisa diterima oleh sensor. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan:
1. Jumlah elemen lensa. Aturan bakunya makin banyak makin baik.
2. Aperture/bukaan/diafragma adalah parameter yang menyatakan banyaknya sinar yang diterima pada sensor. Ukurannya disebutkan dengan “f”. Makin kecil angkanya, makin besar bukaannya. Jadi, f/2.0 adalah lebih kecil dibandingkan f/1.7.
3. OIS/Optical Image Stabilizer. Berguna untuk membuat foto yang lebih stabil ketika berada dalam ruangan berpencahayaan rendah.

Cek Sensor Yang Digunakan
Adapun hal yang perlu diperhatikan dalam Image sensor adalah:
1. Semakin besar ukuran per pixel akan makin baik
2. Jumlah pixel yang lebih banyak tidak menjamin kualitas tertinggi. Sebab, jika ukuran tiap pixelnya kecil, kerusakan akan makin mudah terjadi.
3. Ukuran sensor yang besar akan membuat ukuran per pixel menjadi lebih besar, jika total jumlah pixelnya sama.
Untuk saat ini kualitas tertinggi diperoleh dari image sensor buatan Sony dan Samsung.

Pakai Prosesor Pengolah Gambar Menengah Keatas
Prosesor Pengolah Gambar atau Image Signal Processor(ISP) terintegrasi dalam chip yang menjadi jantung smartphone kita. Semakin bagus dan update SoC(System on Chip) pada smartphone kita, maka semakin baik pula hasil yang kita harapkan.


Di artikel selanjutnya kita bahas yuk 2 SoC yang lagi nge hits dipasaran smartphone kelas menengah yaitu SoC Snapdragon 625 dari Qualcomm dan SoC Helio X20 dari Mediatek.

sumber:
- jagatreview.com

No comments:

Post a Comment