Roda 2, Roda 4, Roda, Elektronik, Gadget, Kuliner, Hayuk lah...

Doyan Ngetik, Seneng Ngulik, dan Selalu Asik

Blog Archive

Ads

Powered by Blogger.

Dont Understand? - Press Here To Translate

Thursday, November 16, 2017

JENGKOL & PETAI - Khasiat Dan Manfaat Buat Tubuh

Ada yang suka makan jengkol dan petai? Selamat... selain terhindar dari kelaparan, Jengkol dan Petai juga mempunyai banyak manfaat lho...

Jengkol dan Petai merupakan bahan masakan yang enak nan menggoda bagi yang doyan tentunya. Jengkol paling pas di semur apalagi yang model khas betawi, wuih lekker pisan.. Kalo pete, jadi campuran dalam masakan oseng peda, bikin berat badan bisa naik karena makan terus.

Lah kalo buat medisnya apa om? Ini khasiat medisnya:

Jengkol

Mencegah Anemia
Jengkol kaya akan zat besi yang sangat berperan untuk mencegah serta mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Karena jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel-sel darah merah akan berkurang. Akibatnya suplai oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh juga akan berkurang.

Mengatasi penyakit jantung koroner
Jengkol merupakan bahan makanan yang bersifat diuretic (pembuangan urine menjadi lancar).  Pembuangan urine yang lancar sangat baik untuk para penderita penyakit jantung.

Mencegah diabetes
Jengkol dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Karena terdapat zat yang dinamakan zat asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena sifat diuretic, jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda para penderita gangguan ginjal.

Mengontrol kadar gula darah
Jengkol dapat mengontrol kadar gula darah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda para penderita diabetes. Jengkol mengandung zat gula yang ‘bersahabat’ dengan para penderita diabetes. Zat gula pada jengkol merupakan zat gula yang paling mudah diurai sehingga aman untuk penderita diabetes.

Berbeda dengan zat gula pada bahan makanan lainnya seperti makanan-makanan yang mengandung karbohidrat. Zat gula yang mudah terurai pada jengkol ini kemudian akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Alhasil, stamina tubuh pun akan meningkat. Proses penguraian zat gula yang sempurna tidak akan menimbulkan timbunan  gula darah di dalam tubuh.

Batasan konsumsi jengkol untuk prngobatan, yaitu hanya 3 hingga 10 gram saja per hari. Porsi ini adalah takaran yang pas untuk anda yang ingin tetap sehat meski mengkonsumsi jengkol setiap hari

Petai
Depresi
Pete mengandung tryptophan , sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

PMS (premenstrual syndrome)
Jika mengalami PMS saat “tamu” datang, cukup atasi saja dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah, yang dapat membantu mood.

Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi, pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

Tekanan darah tinggi
Pete sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah.

Nah udah tau kan khasiatnya buat tubuh. Makan yang wajar ya, karena yang berlebihan itu tidak baik. Bagi yang doyan, jangan urinisasi sembarangan pastinya, biar semarak baunya tidak mengganggu yang lain.

sumber
- manfaat.co.id
- doktersehat.com

No comments:

Post a Comment