Roda 2, Roda 4, Roda, Elektronik, Gadget, Kuliner, Hayuk lah...

Doyan Ngetik, Seneng Ngulik, dan Selalu Asik

Blog Archive

Ads

Powered by Blogger.

Dont Understand? - Press Here To Translate

Wednesday, November 22, 2017

Ride By Wire Atau Ride By Feeling, Kalian Yang Mana?

Ride By Wire Atau Ride By Feeling,

Pada Honda CBR250RR terdapat 1 kelebihan utama yang ngga ada pada kelas motor 250cc di pasar tanah air tercinta ini, yaitu Ride By Wire. Okay... emang itu apa om?

Ride By Wire adalah:
Sistem yang membaca gerakan grip gas/ betotan gas melalui Konverter analog ke Digital (ADC) . Menghasilkan signal listrik digital yang akan di salurkan ke engine management computer alias ECU/ECM yang nanti akan membaca apa yang sedang dilakukan oleh pengendara.

Dengan kata lain saat kita buka gas sebesar apapun, maka komputer akan berfikir dan melakukan respon tidak seketika saat kita buka di grip gas. Komputer (ECU) hanya akan membuka Klep Kupu Kupu sebesar yang mesin bisa sebelum ambang batas suplai udara membuat mesin motor mati.

Bonus pada sistem Ride By Wire adalah Cruise Control, Traction Control dan Variable Mode Power. Agar Delivery Power menjadi smooth, tidak meledak ledak, tidak mengintimidasi  dan efek bonus paling utama membuat pemakaian bahan bakar lebih efisien.

Tapi.... menurut pengguna langsung, pada Mode Sport + (Plus), asal kondisi jalan memungkinkan siapkan nyali sebesar mungkin karena Throttle Response menjadi agresif. (bukaan gas mirip gas spontan, mesin beringas seakan tanpa limiter, mau dibejek segimana juga hayo aja, karena Power dan Torque Output pada posisi maksimal.

Bagaimana dengan Ride By Feeling?

Jika kalian nanti berkesempatan memiliki dan mengendarai All New Kawasaki Ninja 250 MY2018, ngga ada namanya Ride By Wire. Jadi kalo salah buka gas ya siap siap aja mesin menjadi ngga karuan Power Deliverynya.

Tapi disanalah keindahan mesin yang tidak menggunakan berbagai macam sensor elektronik. Semua menjadi lebih natural, karena apa yang kalian bejek itu yang kalian dapat.

Karena All New Kawasaki Ninja 250 MY2018 sudah dari lahirnya kenceng dan tidak bisa di"batasi sementara" muntahan tenaganya. Sehingga bagi calon pengendaranya, diperlukan kedewasaan dalam mengendarai motor yang sudah dari sananya wuzz wuzz wuzz.

Jadi mana yang kalian pilih???

sumber:
- tmcblog.com
- indobikermags.com

No comments:

Post a Comment