Roda 2, Roda 4, Roda, Elektronik, Gadget, Kuliner, Hayuk lah...

Doyan Ngetik, Seneng Ngulik, dan Selalu Asik

Blog Archive

Ads

Powered by Blogger.

Dont Understand? - Press Here To Translate

Monday, November 27, 2017

Motuba - Mazda Lantis, Ngga Lekang Dimakan Jaman

Mazda Lantis, pernah denger? pada masanya Mazda Lantis merupakan mobil yang dipilih sebagai kendaraan dinas perwira di kemiliteran. Tampangnya yang terkesan kalem dan elegan ternyata menyimpan tenaga yang tidak bisa disepelekan, bahkan sampai saat ini.

Berikut adalah spesifikasi dari Mazda Lantis:
Mesin                        Engine code BP, Type In-line 4 cylinder DOHC 16 Valve
                                  Multi point Fuel Injection system
                                  VICS (Variable Intertia Charging System)
Kubikasi                    1.838 cc - 1.8L
Bore x Stroke            83.0 mm x 85.0mm
Tenaga maksimum   131HP @6000rpm
Torsi maksimum       160Nm @4000rpm

Dimensi(PxLxT)        4.435 mm x 1.694mm x 1.380mm
Wheelbase               2.607 mm
Ukuran ban              185/60/R14

Konsumsi BBM mirip Toyota Kijang 1.800cc lah (8/9 km/liter dalam kota, 12 km/liter luar kota atau tol yang lancar jaya). 

Menganut faham FWD ( Front Wheel Drive ) alias menggunakan penggerak roda depan, Suspensi depan MacPherson struts, coil springs and stabilizer, Suspensi belakang independent dengan stabilizer. Dan, rem depan ventilated disk brake serta rem belakang disk brake. Tentu merupakan jaminan agar kita selalu terjaga diperjalanan.

Lalu apa yang bisa ditonjolkan apabila kita hendak meminang mobil Mazda Lantis ini?
- Model ngga kemakan jaman. Bodi mobil didesain dengan lekukan landai kala yang lain masih kotak, dan ruang kabin terlihat lebih lega.
- Pakai PowerSteering rack and pinion, dengan Tilt Steering (setir bisa di seting naik turun, sesuai ketinggian driver), dan Driver Seat Height Adjuster (kursi bisa naik turun sesuai ketinggian Driver, jadi nggak hanya maju mundur).

- Mesin memakai sistem injeksi bertipe Multi Point Fuel Injection System, dengan VICS (Variable Intertia Charging System) sehingga sentakan tenaga mesin akan sangat terasa pada putaran atas.

Namun tak ada gading yang tak rengat, beli Motuba Mazda Lantis ini juga mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya:
- Harus amat sangat teliti cek kelistrikan. Mengingat mobil ini sudah memiliki jam terbang yang sudah cukup jauh.
- Suku cadang asli mahal. Bisa disiasati dengan memakai sparepart dari mobil merk sebelah(Ford) yang bentuk dan fungsinya serupa. Punya Motuba mah harus kreatif.
- BBM lebih boros jika dibandingkan dengan kendaraan masa kini. Tapi jika diukur dengan besaran tenaga, hmmm relatif lah.

Menurut beberapa website jual beli mobil preloved, kisaran harga pembukaan dimulai dari Rp 40 - 50 jutaan. Harga ini bisa berubah tergantung negosiasi dan kondisi Mazda Lantis yang ditawarkan.

Mengingat sudah termasuk barang yang terbatas peredarannya, memilih bengkel yang mampu merawat Motuba kita dengan segenap hati amatlah diperlukan. Karena kalau sampai salah pilih, dan buta masalah mobil, siap siap aja di"makan" oleh mereka.

sumber:
- kaskus.co.id
- topgir.com
- olx.co.id
- mobil123.com

No comments:

Post a Comment