Roda 2, Roda 4, Roda, Elektronik, Gadget, Kuliner, Hayuk lah...

Doyan Ngetik, Seneng Ngulik, dan Selalu Asik

Blog Archive

Ads

Powered by Blogger.

Dont Understand? - Press Here To Translate

Monday, November 6, 2017

Uang Digital, Dokter Online, Pasar Tanpa Lapak, Efeknya Buat Manusia?

Hai, hai, yuk kita brainstorming sejenak...

Dunia sudah pada fase transisi digital, mulai dari uang, lapak berjualan, sampai dengan layanan kesehatan.

Ada yang tau film Captain Powers, film dengan setting pasca akhir jaman, dimana dunia dikuasai oleh sekelompok robot, yang mengejar manusia, untuk kemudian ditangkap dan dijadikan bentuk digital melalui tangan pasukan robot.
Terlihat kejam? yah namanya juga film. Tapi tanpa sadar kitapun juga sudah mulai memasuki fase transisi digital. Dimana hanya fisik kasar badan kita saja yang ada, sementara tanpa kita sadari kesadaran diri kita tanpa disadari sudah berada di gadget yang sangat kita pegang erat setiap saat.

Ngga percaya? coba aja kalo smartphone yang menyimpang semua tentang diri kamu sekalian ketinggalan di rumah, 90% pasti akan kembali untuk mengambilnya. Karena smartphone ataupun gadget tersebut telah merepresentasikan diri kamu sekalian pada lingkungan virtual yang selalu terhubung 24 jam pada jaringan internet.

Hubungannya apa sama judul? Ada...

Pernah nonton film Bruce Willis dengan judul Surrogates? Taruhan ini tinggal didepan mata. Tinggal menghitung waktu hingga ini menjadi kenyataan. Ataupun seperti film Transendece dengan aktor Johnny Deep, dimana jiwa sudah terkoneksi dengan mesin.
Dengan pindahnya uang, dari fisik ke Digital, ada pasar tanpa lapak, dan layanan medis online. Bukan tidak mungkin semua interaksi akan berpindah ke satu ruangan besar di Cyberspace dimana semua terkoneksi tanpa batasan jarak dan waktu, ataupun bentuk batasan batasan fisik lainnya.

Kalau semua berpindah ke wujud digital, siapa yang akan menjadi pengaturnya? Fisikawan terkenal Stephen Hawking, berkata "Saya takut kecerdasan buatan akan menggantikan manusia secara keseluruhan. Mereka layaknya virus komputer yang dapat mengembangkan kemampuan dan mereplikasi diri," ujarnya.

Jika era digital telah 100% terjadi, mungkin saja kita semua akan hidup seperti di film The Matrix.

Who knows....

#Kembali lagi buka laptop cari nafkah, ntar sore siapin dagangan buat besok pagi, biar keluarga berkah#

No comments:

Post a Comment