Roda 2, Roda 4, Roda, Elektronik, Gadget, Kuliner, Hayuk lah...

Doyan Ngetik, Seneng Ngulik, dan Selalu Asik

Ads

Powered by Blogger.

Dont Understand? - Press Here To Translate

Friday, February 3, 2017

94 Detik Aja : GSX-R 150 Siap Edar Ke Calon Konsumen

Suzuki Indomobil Motor (SIM) terlihat tidak tanggung tanggung dalam mengenalkan produk terbarunya ini. Setelah melakukan sesi test ride di Sentul, kali ini mengadakan Factory Tour kepada media, yang pada intinya hendak mengatakan kami bisa loh bikin motor kenceng dan keren dengan segudang fitur buat kalian Indonesia.

Ada 3 tahapan dalam produksi di manufaktur, yaitu:
1. Raw Material Input
2. Manufacturing Process
3. Finished Good and Inspection

Pada tahapan pertama dilakukan : 
- Pemilahan material metal. Material metal sendiri dibagi ke dalam dua jenis, pipa dan plat. Untuk metal berjenis plat, digunakan untuk membentuk bagian tangki. dan metal yang berjenis pipa digunakan untuk bagian rangka. 
- Pemilahan biji plastik untuk proses plastic injection. Bahan part bodi Suzuki GSX-R150.

Untuk tahapan kedua, dilakukan welding atau pengelasan dari material metal untuk membentuk rangka, tangki, swingarm, serta knalpot. Proses pengelasannya, menggunakan tenaga manusia, dan tenaga robot untuk bagian yang rumit.

Untuk bodi motor digunakan metode pressing dan plastic injection, dengan bahan plastik dari ABS dan Polipropilena. Setelah jadi maka komponen-komponen tersebut akan dibawa ke proses pengecatan atau painting.

Setelah proses pengecatan selesai, komponen-komponen tersebut dipertemukan di ruang assembling atau perakitan. 

Menurut M.Faqih, Manager Assembling PT SIM Plant Tambun,“Setiap 94 detik keluar satu unit GSX-R150". Dan per harinya, Plant Tambun 1 ini bisa memproduksi sekitar 250 unit GSX-R150 dari satu line produksi saja.





Pada tahapan terakhir GSX-R150 akan melewati tahapan yang sangat penting, yakni Final Inspection

"Di tahap ini, yang kami utamakan untuk diperiksa adalah mesin. Mesin kita hidupkan, lalu kita geber sampai limit. Di situ kita akan ketahui, apakah perpindahan transmisinya mulus? Apakah rem berfungsi normal? Lalu juga kita rasakan vibrasinya, termasuk suara mesin yang dihasilkan, bagus atau enggak? Pengecekan di tahap terakhir ini juga meliputi pemeriksaan terhadap fungsi-fungsi motor termasuk part bodi,” tutup Tonie Prasetyo, Assist to Section Head Tehnical Control 2W PT SIM.

Demi kepuasan pelanggan memang harus sampe segitunya ya..

sumber:
- otomotifnet.com
- detik.com

No comments:

Post a Comment