Roda 2, Roda 4, Roda, Elektronik, Gadget, Kuliner, Hayuk lah...

Doyan Ngetik, Seneng Ngulik, dan Selalu Asik

Ads

Powered by Blogger.

Dont Understand? - Press Here To Translate

Thursday, February 2, 2017

Balada Mobil Second - Toyota Kijang

Kijang, memang tiada duanya....

Itulah jargon yang selalu dikumandangkan kala iklan Toyota Kijang disiarkan, baik di media cetak maupun media elektronik. Dan hal ini berhasil membuat Toyota Kijang menjadi patokan mobil keluarga masyarakat selama beberapa waktu, dan bahkan sampai saat ini pilihan utama konsumen mobil second yng menginginkan mobil dengan daya angkut yang besar akan selalu memilih kijang dibandingkan mobil lainnya.

Mobil Toyota  kijang mempunyai sejarah yang cukup panjang di pasar otomotif Indonesia. Dimulai dari keluaran perdananya di tahun 1975, sampai dengan 2016 tercatat ada 7 generasi Toyota Kijang yang sudah dikeluarkan di pasaran.

Untuk mobil second, pilihan yang cukup realistis adalah dari: 
- Generasi ke 4 (1997 - 2004)






- Generasi ke 5 (2004 - 2015)










Dan jika ada dana lebih longgar dan tetap ingin mengunakan Toyota Kijang, maka generasi ke 6 (2015 - sekarang) adalah pilihan yang bijaksana.

Untuk mobil generasi ke 4 ini, masih banyak dipakai oleh masyarakat, baik dalam bentuk kendaraan umum seperti mikrolet, ataupun dalam bentuk kendaraan pribadi. Sedangkan untuk mobil generasi ke 5 & 6 digunakan sebagai kendaraan pribadi.

Secara umum memakai Toyota Kijang memang tidak membutuhkan perawatan yang berarti, hanya perlu rajin untuk cek dan ganti OLI dan AIR RADIATOR secara berkala agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Untuk tips memilih mobil secondnya bisa dilihat disini ya (7 Tips Memilih Mobil Second Untuk Pemula), secara umum semua langkah bisa diterapkan ke berbagai tipe kendaraan roda 4.

Mengenai OLI, ada beberapa hal yang perlu dicermati sebagai berikut:
  • Kijang kapsul EFI dan diatasnya minimal menggunakan OLI MESIN SAE 10-40W karena jalur oli lebih halus dari generasi sebelumnya sehingga butuh oli yg lebih encer.
  • OLI TRANSMISI disarankan menggunakan API service GL-5. Untuk SAE nya bisa single grade 90 atau multi grade 80-90W. GL-5 disarankan karena tingkat pressure oli ini lebih tinggi serta mengandung aditif yg lebih baik dalam melapisi synchromesh yang terbuat dari kuningan agar tidak lekas aus.
  • OLI GARDAN lebih fleksible, bisa API service GL-4 atau GL-5, karena di gardan tidak ada part yg terbuat dari bahan kuningan.
  • OLI POWER STEERING dapat menggunakan oli merk apa saja khusus untuk POWER STEERING.. Biasanya di kemasan tertulis Automatif Transmission Fluid (ATF) / power steering.
  • OLI REM/KOPLING sebaiknya menggunakan oli rem DOT 3, merk bebas. Pilih yang berwarna bening agar mudah dipantau ketika oli sudah kotor/waktunya dikuras. Untuk sistem pengereman yang sudah diupgrade dapat menggunakan DOT 4 atau 5 dikarenakan memiliki tingkat pressure serta titik didih yang lebih tinggi.
Untuk harga mobil secondnya, kisaran harganya adalah sebagai berikut:
- Generasi ke 4 (1997 - 2004)
   - 1997 - 2000 - Kisaran harganya Rp 55 juta s/d Rp 90 juta
   - 2000 - 2004 - Kisaran harganya Rp 90 juta s/d Rp 125 juta

- Generasi ke 5 (2004 - 2015)
   - 2004 - 2015 - Kisaran harganya Rp 125 juta s/d Rp 275 juta (seri Innova)

Gimana sudah kepengen beli Toyota Kijang belum?

sumber:
- kaskus.co.id
- wikipedia.org



No comments:

Post a Comment